Powered by Blogger.

Friday 19 October 2012

Ilmu Sosial Budaya Dasar


Ilmu Sosial Budaya Dasar-Teknik Pertambangan UNPAR

Ilmu Sosial Budaya Dasar (MKU)
 

-          Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah pengetahuan dasar yang dikembangkan untuk mengkaji masalah kemanusiaan dan kebudayaan.
-          Ilmu Sosial Budaya dasar mempelajari tentang karakteristik manusia, yaitu bagaimana ketika kita dalam lingkungan masyarakat, bagaimana ketika kita sedang dalam transportasi umum atau dalam taxi, dalam pesawat, dan dalam berinteraksi dengan tetangga.
-          Sikap- sikapnya antara lain disiplin, toleran, saling menghormati antar umat beragama
-          ISBD Merupakan salah satu mata kuliah umum yang ada di Pertambangan dan prodi-prodi lain seperti Biologi, BK, Kimia, dan lain-lain
-          MKU (mata kuliah umum) adalah bahwa mata kuliah tersebut wajib ditempuh oleh seluruh perguruan tinggi, diseluruh Negara Indonesia ini
-          MKU berhubungan erat dengan kehidupan kewarganegaraannya. Sehingga dalam urutannya MKU yang pertama yaitu Pendidikan Agama, dan seterusnya.
-          ISBD Mengajarkan tentang bagaimana kita dalam hubungan vertikal (kepada tuhan) dan horizontal (antar sesama) yang sering kita dengar yaitu habluminawloh dan habluminanas. Mengajarkan tentang hubungan vertikal dan horizontal, bernegara, dan taat peraturan.
-          Negara Agama adalah Negara yang sistem pemerintahannya hanya berdasarkan satu agama. contohnya Arab Saudi dengan system pemerintahan islamnya.
-          Negara skuler adalah Negara yang Duniawi, yang mementingkan kemajuan ilmu sains nya tanpa mementingkan agama serta moral-moralnya. Contoh nya jerman, rusia, amerika
-          Negara Indonesia system pemerintahannya adalah Demokrasi (dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat) yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Bukan Negara Agama, tetapi tidak memperbolehkan orang tidak memiliki agama, orang yang tidak memiliki agama atau kepercayaan maka akan di usir dari Negara ini.
-          Kegiatan keagamaan di Indonesia ini di atur oleh Negara, contohnya jadwal pernikahan di KUA, jadwal pernikahan di gereja, serta mengetahui atau mendata berapa kuota orang yang akan naik Haji.
-          Negara Indonesia adalah Negara Persatuan yaitu dengan adanya departemen Agama.
-          Objek ISBD yaitu manusia dan maalahnya, tiada orang tanpa masalah. yang membedakan volume dan jenis masalahnya.
-          semua orang punya masalah, cirri-ciri orang dewasa yaitu bagaimana orang tersebut menyikapi masalhnya.
-          yang dialarang dalam ISBD jangan mengganggu keyakinan orang lain. sebab bila orang tersebut terusik maka dia dapat membunuh seperti halnya Bom Bali.



Ditulis Oleh : agung teknik // 03:18
Kategori:

1 comments: